Sabtu, 18 Oktober 2008

Mengetik 10(sepuluh) Jari VS 11(sebelas) Jari

Mengetik 11 jari? Terkadang pertanyaan itu menggelitik juga jika dilihat secara harafiah karena, "bagaimana mungkin mengetik dengan 11 jari sedangkan manusia hanya memiliki 10 jari??" masuk akal juga. Tetapi sebenarnya arti sebenarnya dari mengetik 11 jari adalah mengetik hanya dengan kedua jari telunjuk yang jika dilihat mirip angka 11.

preview

Mungkin hal itu wajar bagi yang jarang sekali menggunakan komputer, terlebih untuk kegiatan mengetik. Tapi bayangkan jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda mengetik dokumen yang berisi ratusan bahkan ribuan kata, bisa pingsan duluan. Apalagi di jaman yang serba hightech ini, kemampuan mengetik cepat(tentunya 11 jari tidak termasuk cepat, kecuali ada orang yang benar ahli dalam mengetik 11 jari sehingga ketika mengetik lebih mirip "ahli kungfu bangau mematuk") wajib dimiliki oleh semua orang, terutama yang sering berurusan dengan komputer.

Terkadang kita berpikir kalau hal ini bukan hal besar yang harus mendapat perhatian, hal itu memang benar selama Anda tidak diharuskan mengetik sebuah(atau beberapa) dokumen dengan menggunakan komputer. Tetapi jika kita memasuki dunia kerja yang keras dan penuh tantangan itu, kemampuan mengetik cepat sangat dibutuhkan, ya benar, sangat DIBUTUHKAN. Oleh sebab itu, bagi Anda yang belum memasuki dunia kerja(masih pelajar atau mahasiswa) maupun Anda yang sudah bekerja, belajar mengetik 10 jari tidak pernah terlambat bagi Anda.

Banyak metode jika Anda ingin belajar mengetik 10 jari, mulai dari dengan kursus maupun belajar sendiri dengan menggunakan internet. Sebenarnya jika Anda minim biaya untuk kursus, Anda bisa mencoba metode kedua yaitu dengan menggunakan software. Software-software tersebut dapat membantu Anda belajar bagaimana seharusnya mengetik dengan benar, yaitu mengetik dengan 10 jari(nah ini baru bener, sesuai dengan normalnya manusia dengan 10 jarinya).

Banyak software-software bertebaran diluar sana, baik yang gratis maupun yang berbayar. Tapi disini saya akan coba mengulas satu jenis software yang membantu Anda berlatih mengetik 10 jari. Nama softwarenya adalah Typer Shark.

Sebenarnya Typer Shark bukan hanya sekedar software biasa, melainkan sebuah game, ya benar, sebuah GAME. Sebut saja TS(kayak di koran-koran aj). TS merupakan sebuah permainan yang didalamnya Anda dapat belajar mengetik 10 jari dengan melalui tutorial maupun gamenya sendiri.

Typer Shark Preview

Disini Anda dapat memulai dengan menuliskan nama anda yang akan disimpan sebagai profil. Profil disini berfungsi untuk menyimpan progress Anda selama latihan, record-record yang sudah Anda buat selama latihan maupun sudah sejauh mana Anda bermain petualangannya. Untuk memulai, Anda akan diminta untuk mengetikan sebuah teks yang akan digunakan sebagai tolak ukur seberapa tinggi tingkat kemahiran Anda dalam mengetik. Penilaian akan didasarkan kepada kecepatan mengetik dan akurasi. Setelah selesai, maka Anda akan diberi rekomendasi pada level mana Anda bisa bermain berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan.

result preview

Setelah itu, Anda dapat memulai permainan. Tetapi kembali kepada tujuan utama, yaitu belajar mengetik 10 jari, makan Anda disarankan mengambil Typing Tutor.

Pada Typing Tutor, Anda akan dilatih bagaimana mengetik sepuluh jari dengan benar, mulai dari letak/posisi jari-jari Anda seharusnya ditempatkan hingga mulai mengetik huruf-huruf yang ada pada layar. Mungkin pertama akan tampak membosankan karena yang diketik hanya itu-itu saja, but that's part of practise bro. Satu lagi, bagi Anda yang belum biasa menggunakan semua jari untuk mengetik, jari Anda akan terasa berat(baca: kesemutan, kaku, dan sebagainya) karena jari-jari itu akan terus dipergunakan untuk mengetik huruf yang sama berulang-ulang. Teruskan latihan tersebut berulang-ulang selama berhari-hari hingga Anda dapa terbiasa mengetik tanpa melihat layar monitor lagi. Setelah dirasa cukup ahli, silahkan Anda memamerkan kepada teman-teman Anda seberapa cepat Anda mengetik dan tunjukkan siapa diri Anda sebenarnya hahaha. That's what practises are for :)

Anda dapat mencari informasi tentang Typer Shark atau software latihan mengetik lain di internet. Gunakan search engine seperti Google atau Yahoo untuk mencari informasinya. Oh iya, sekedar informasi, kalau tidak salah software Typer Shark itu berbayar. So, you can buy it, or you can crack it :)

Selamat mencoba dan semoga Anda dapat merasakan maanfaatnya :)

2 komentar:

  1. yah benar mas software itu memang sangat berguna

    BalasHapus
  2. @Jadul: iya bener, bisa sedikit "memaksa" mengetik cepat mas hiunya udah deket :p thx for reading

    BalasHapus